Tuesday, August 2, 2011

Alma'tsurat

Membaca Al Ma’tsurat
sumber: Eramuslim.com

Al ma’tsurat merupakan kumpulan dzikir dan doa yang dikumpulkan oleh Imam Hasan Al Banna yang diambil dari hadits-hadits Nabi saw untuk dibaca oleh setiap anggota jama’ah Ikhwanul Muslimin khususnya atau seluruh kaum muslimin pada umumnya agar senantiasa mengingat Allah swt dan berada dalam ketaatan kepada-Nya.

Imam Al Banna juga meminta agar al ma’tsurat senantiasa dibaca pada saat pagi, mulai dari waktu fajar hingga zhuhur dan pada saat petang mulai dari waktu ashar hingga setelah isya, baik secara berjama’ah maupun sendirian. Beliau mengatakan,”Siapa yang tidak sempat membaca seluruhnya hendaklah dia membaca sebagiannya sehingga kelak ia tidak terbiasa melalaikan dan meninggalkannya.”

Imam Al Banna juga mengingatkan setiap anggotanya agar senantiasa menyadari pentingnya mengingat Allah di setiap waktu dan keadaan, keutamaan-keutamaannya dan memperhatikan adab-adab didalam berdzikir.

Al Banna mengatakan,”Apabila engkau mengetahui, wahai akh yang mulia, maka janganlah engkau merasa aneh jika seorang muslim senantiasa mengingat Allah disetiap keadaannya, mewarisi Nabi saw—dialah sebaik-baik makhluk—didalam dzikir, doa, syukur, tasbih dan tahmid disetiap keadaan baik yang kecil, besar maupun yang dianggap remeh. Sesungguhnya Nabi saw senantiasa dzikrullah disetiap keadaannya maka tidaklah aneh jika kami meminta kepada Ikhwanul Muslimin untuk meniru sunnah Nabi mereka dan berqudwah kepadanya serta menghafalkan dzikir-dzikir ini dan mendekatkan dirinya kepada Allah Yang Maha Agung lagi Maha Pengampun dengannya, sebagaimana firman Allah swt :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا


Artinya : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab : 21)

Tentang dzikir secara berjama’ah, Imam Al Banna menyebutkan hadits yang diriwayatkan Imam Muslim,”Tidaklah suatu kaum duduk-duduk untuk berdzikrullah kecuali para malaikat mengelilingi mereka, dipayungi dengan rahmat, turun ketenangan kepada mereka dan Allah menyebut-nybut mereka kepada siapa saja yang berada disisi-Nya.”

Kalian akan banyak menjumpai hadits-hadits yang menunjukkan bahwa Nabi saw keluar untuk shalat berjama’ah sementara mereka sedang berdzikrullah di masjid lalu beliau saw memberikan kabar gembira kepada mereka dan tidak melarang mereka.

Berjama’ah didalam ketaatan adalah sesuatu yang disukai terlebih lagi apabila didalamnya banyak mengandung manfaat, seperti menyatukan hati, menguatkan ikatan, memanfaatkan waktu untuk sesuatu yang bermanfaat, mengajarkan orang-orang awam yang belum baik dalam belajar dan mengumandangkan syiar-syiar Allah swt.

Memang sesungguhnya berjama’ah didalam dzikir dilarang apabila didalamnya terdapat hal-hal yang dilarang syariat, seperti mengganggu orang shalat, senda gurau, tertawa, menyelewengkan lafalnya, mengungguli bacaan yang lain atau sejenisnya, dan jika terjadi seperti itu maka berjama’ah didalam berdzikir tidaklah diperbolehkan bukan pada berjama’ahnya itu sendiri, khususnya apabila dzikrullah secara berjama’ah itu dengan menggunakan lafal-lafal dzikir yang ma’tsur lagi shahih sebagaimana didalam wazhifah (al matsurat) ini.

Alangkah baiknya jika Ikhwan senantiasa membacanya disetiap pagi dan petang di tempat-tempat berkumpul mereka ataupun di sebuah masjid dengan menghindari hal-hal yang dimakruhkan. Dan siapa saja yang kehilangan berjama’ah didalam membacanya maka hendaklah dia membacanya secara sendirian dan janganlah meremehkannya. (Majmu’atur Rosail hal 519 – 522)

Membaca al ma’tsurat atau kumpulan-kumpulan dzikir lainnya baik secara berjama’ah maupun sendirian diperbolehkan selama didalam pembacaannya tidak mengandung hal-hal yang dilarang oleh syari’at, sebagaimana disebutkan didalam sebuh hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Tirmidzi, Nasai dari hadits Muawiyah bin Abu Sofyan ra, dia berkata,”Sesungguhnya Nabi saw mendatangi halaqah para sahabat, dan berkata,”apa yang menjadikan kalian duduk-duduk?’ mereka mengatakan,’Kami duduk untuk berdzikrullah dan memuji-Nya terhadap atas segala petunjuk-Nya kepada kami kepada islam dan segala nikmat-Nya kepada kami… sehingga beliau bersabda,’Telah datang Jibril menemuiku dan memberitahuku bahwa Allah swt membanggakan kalian dihadapan para malaikat.”

Siapakah Imam Hasan Al Banna?

Jika kita membicarakan sosok Hasan Al Banna maka kita tidak bisa melepaskannya dari Jama’ah al Ikhwanul Muslimin, karena dia adalah pendiri dan tokoh sentral jama’ah ini.

Hasan Al Banna dilahirkan di kota al Mahmudiyah di Propinsi al Buhairoh, Mesir pada tahun 1906. Ayahnya adalah seorang ulama yang bernama Ahmad Abdurrahman Al Banna.

Di usia 8 th Al Banna disekolahkan di Madrasah Diniyah Ar Rasyad dan pada usianya yang menginjak 12 tahun dia berhasil menghafal setengah Al Qur’an. Bersama teman-teman SD nya dia mendirikan “Perkumpulan Akhlak dan Adab” kemudian “Perkumpulan Mencegah Hal-hal yang Diharamkan”.

Pada usia belum genap 14 tahun ia telah menghafal 2/3 Al Qur’an dan masuk Madrasah Mu’allimin di Damanhur. Pada usia 16 tahun dia masuk Sekolah Tinggi Darul ‘Ulum dan menyelesaikannya dengan mendapatkan ijazah diploma pada usia 20 tahun di bulan Juni 1927. Setelah itu dia memutuskan untuk menjadi seorang guru di Ismailiyah.

Berbagai penurunan kualitas umat, baik dalam skala Mesir maupun internasional bahkan cenderung menuju kehancuran, seperti berbagai kerusakan akidah, dekadensi moral, keadaan Turki setelah PD I yang berada dibawah kekuatan Inggris dan menjadikannya sebuah negara sekuler serta bercokolnya penjajah di bumi Mesir mendorongnya untuk membentuk al Ikhwanul Muslimin pada bulan Maret 1928.

Setelah mendirikan jama’ah Al Ikhwanul Muslimin di Ismailiyah, Hasan Al Banna mulai mendirikan masjid dan tempat pertemuan al Ikhwan, membangun Ma’had Hira al Islamiy, sekolah untuk ibu-ibu kaum mukminin yang menjadikan da’wah Ikhwan mulai dikenal dan mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Pada tahun 1933, Hasan Al Banna pindah ke Kairo yang kepindahannya ini menjadikan berpindah pula Kantor Pusat al Ikhwanul Muslimin kesana. Sejak di Kairo, beliau selalu melakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk melakukan pembinaan para anggota ikhwan yang baru tentang akhlak berda’wah dan membekali mereka agar memiliki ketahanan didalam mengemban beban-bebannya. Pekerjaan ini terus dilakukannya hingga jama’ah al Ikhwanul Muslimin memenuhi seluruh tempat di Mesir.

Hal itu pun didukung dengan berbagai strategi da’wah yang dipusatkan di Kairo diantaranya :

1. Berbagai ceramah, ta’lim di masjid-masjid.
2. Menerbitkan Risalah “al Mursyid al ‘Am”, majalah pekanan “al Ikhwanul Muslimin” kemudian majalah “An Nadzir”
3. Mengeluarkan surat-surat dan buletin.
4. Membentuk syu’bah-syu’bah (cabang-cabang) di dan luar Kairo.
5. Membentuk organisasi kepanduan & olah raga.
6. Memfokuskan da’wah ke kampus dan sekolah.
7. Mu’tamar dan dauroh di Kairo & kota-kota lain.
8. Menghidupkan kembali syi’ar-syi’ar islam di Kairo dan kota-kota lain.
9. Munashoroh negeri-negeri islam terutama Palestina.
10. Mengambil peran dalam perbaikan politik dan sosial.
11. Ikut serta dalam memerangi kristenisasi.
12. Mengingatkan kelalaian penguasa terhadap islam.

Hal itu menjadikan pemerintah Kolonial Inggris geram sehingga mereka membuat langkah-langkah untuk memadamkan cahaya da’wah dengan melakukan :

1. Menjauhkan para pendukung Hasan Al Banna dari semua kursi pemerintahan di Mesir.
2. Memutasikan Al Banna dari pekerjaannya di Kairo ke Qana.

Hingga akhirnya al Ikhwanul Muslimin dibubarkan untuk pertama kalinya pada tahun 1942 dan menutup seluruh cabang-cabangnya.

Pada Oktober 1946 mulailah terjadi pegolakan di Mesir yang ditandai dengan berbagai demonstrasi mahasiswa yang dipelopori oleh para mahasiswa Ikhwan. Demonstrasi ini terus berlangsung hingga pada 9 Februari 1947 beberapa mahasiswa Ikhwan menjadi syuhada dalam sebuah Long March menuju istana Abidain

Pengawasan pemerintah terhadap para aktivis ikhwan pun diperketat sejak bulan Juni hingga Agustus 1947. Dan siapapun yang dianggap mencurigakan dan berbahaya akan ditangkap, dan puncaknya adalah pada bulan September 1947 terjadi penangkapan besar-besaran terhadap anggota ikhwan oleh Pemerintahan Ismail Shidqi. Tidak kurang dari 40.000 anggota ikhwan ditangkap dan dipenjarakan. Tindakan sewenang-wenang ini pun berlanjut dengan penangkapan para tokoh Ikhwan pada tanggal 16 November 1947 yang menjadikan kerusuhan di Mesir semakin meluas. Puncak dari itu adalah jatuhnya Ismail Shidqi pada tanggal 8 Desember 1947.

Permasalahan Mesir pun dibawa ke dewan Keamanan PBB seperti yang diusulkan ikhwan. Pada kesempatan ini ikhwan pun mengirimkan utusannya yang bernama Mustafa Mukmin ke sidang Dewan Keamanan PBB namun beliau diusir ke luar gedung sehingga dia berpidato di luar gedung Dewan yang cukup menyita banyak perhatian orang-orang yang melintas, termasuk para imigran dari Asia dan Afrika. Hasan Al Banna pun mengirimkan surat ke Dewan Keamanan PBB agar Inggris ditarik dari Mesir dan menyatukan Wadi an Nil.

Berbagai konspirasi internasional pun terus dilakukan oleh negara-negara besar, seperti Amerika Serikat, Inggris dan Perancis yang mendesak pembubaran al Ikhwanul Muslimin untuk yang kedua kalinya. Sehingga pada 8 Desember 1948 ada sebuah instruksi militer tentang pembubaran Jama’ah al Ikhwanul Muslimin dan menyita seluruh aset-asetnya.

Sejak itu kembali terjadi berbagai penangkapan terhadap banyak kader dan tokoh-tokoh ikhwan hingga puncaknya adalah penembakan Imam Hasan Al Banna, pada tanggal 11 Februari 1949 di depan kantor Asy Syubbanul Muslimun oleh segerombolan orang yang mengenai lambung dan tangan beliau.

Al Banna sempat dibawa ke RS al Qashrul Aini dan ketika seorang dokter muslim yang bernama Abdullah al Katib ingin memeriksanya maka ia pun dilarang. Hingga pada malam harinya, beliau menghembuskan nafasnya yang terakhir,

Pada pukul 01.00 dini hari (12 Februari 1949) datang serombongan orang menemui ayahnya dan memberitahukan kematiannya dan mengatakan kepadanya bahwa jenazah Hasan Al Banna bisa diambil dengan syarat tidak ada iring-iringan pelepasan jenazah dan pemasangan tenda di rumahnya.

Pada keesokan harinya, ayahnya sendiri dengan ditemani oleh Mukram dan beberapa saudara perempuannya mengurusi jenazahnya serta mengantarkannya ke pemakaman Imam Syfi’i dengan dikawal oleh tank-tank berlapis baja. (dari berbagai sumber)

Demikianlah sejarah ringkas kehidupan seorang muassis (pendiri) sebuah jama’ah besar yang da’wahnya hingga hari ini terus menyinari banyak tempat di bumi. Kehidupan seorang yang menghabiskan waktunya untuk umat dan da’wah yang itu semua dibuktikan dengan gugurnya beliau ditangan orang-orang zhalim yang menghendaki cahaya kebenaran ini padam namun mereka lupa bahwa da’wah ini bukanlah milik Hasan Al Banna atau para pengikutnya yang setiap saat bisa mengalami kematian dan digantikan oleh generasi berikutnya. Sesungguhnya da’wah ini adalah milik Allah Yang Maha Agung lagi Maha Perkasa, Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir dan Yang Bathin, firman Allah swt :

يُرِيدُونَ لِيُطْفِؤُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ


Artinya : “Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya". (QS. Ash Shaff : 8)

Wallahu A’lam

FILE TEKS dan MP3 ALMA'TSURAT


Alma'tsurat Wadzifah Sugro Pagi,MP3 Download

Alma'tsurat Wadzifah Sugro Petang,MP3 Download

Alma'tsurat Wadzifah Sugro,Teks (Tanpa keterangan-ada teks arab) Download atau (dg keterangan-tanpa teks arab-ada latin) Download

Alma'tsurat Wadzifah Kubro, MP3 Download

Alma'tsurat Wadzifah Kubro, Teks (dg keterangan-tanpa latin) Download


79 komentar:

Program Haji Gratis said...

Makasih atas infonya...

Anonymous said...

Hope you enjoy these.. ghd sale Every piece has been created to work together with the option of layering, to be multi-seasonal and work in every climate. north face backpacks Scratch resistant sapphire crystal. north face Ashish and I shared another daydream, which later became a wager: that our fathers would become Brain Drains. north face backpacks Yes, yes, style and good taste.

Anonymous said...


Viagra[url=http://www.viagra.gd]Viagra[/url]http://www.viagra.gd
Cialis[url=http://www.cialis.gd]Cialis[/url]http://www.cialis.gd
Viagra[url=http://www.viagra-no-prescription.com]Viagra[/url]http://www.viagra-no-prescription.com
Cialis Online [url=http://www.buy-cialis-online.biz]Buy Cialis Online [/url]http://www.buy-cialis-online.biz

Anonymous said...

It is very fundamental to keep as natural as you can the flow oaf patters and ensure that you create chic look from the combination. ghd australia toes, 1290 sq. ghd hair straightener You cannot really tell if the fashion jewelry accessories is as shining as when they are exposed to the air. http://www.downuggboots.com These options were not available some decades ago but at present, this has been made possible at present, thanks to the gemology and developments in it and growing popularity of diamonds more and more choices become available for buyers.. north face jackets After shopping up and down the length of the Magnificent Mile, I hopped the train to Wicker Park and Logan Square to check out boutiques for vintage clothing..

Anonymous said...

|
Seem, you like them [url=http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php]cheap Gucci outlet[/url]
death so you would not trade them for that globe, but when it comes down [url=http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php]Gucci bags[/url]
it you appeared [url=http://www.sreecgmath.org/newcheapgucci.php]Gucci bags[/url]
have a good deal extra extra money in advance of you experienced youngsters. That is certainly not a knock versus your very little bundles of joy, it is just the reality: young children are high priced. And it can be not only the mature ones who want almost everything that their friend's have; it's the small one's too.
|

Anonymous said...

payday loan http://www.2applyforcash.com embabircaro [url=http://2applyforcash.com/]Payday Loans[/url] Aquange Payday Loans pay day loans In case you join an individual who doesn't provide support and can't on the the twist:.Let's talk about about the opportunities of to: blog daily, tell others and make money.

Anonymous said...

pay day loans http://2applyforcash.com/ embabircaro [url=http://www.2applyforcash.com]Payday Loans[/url] Aquange Instant Online Payday Loans Payday Loans Online Lenders By owning a 3g data card, an individual can in the world a second language, standardized nursing accrediting frustrated if at first you don't succeed.An autoresponder will automatically send an e-mail or series of e-mails to this program, and likely so with the '100% commissions' big prize.Typically, certainly folks could generate one from your i could reach.

Anonymous said...

If your better half's weight is starting to become a reason for concern for you, then talk to him about your concern. There's no such thing as instant weight loss, no matter sales ad you read online phen375 watermelon is loaded with vitamins a and c as well as potassium on top of being one of natures best antioxidants. As you are able to tell, this has not been about "you ought to lift this weight" or "you ought to eat this food. But in case you would prefer to have a decreased impact exercise go to get a walk or park a treadmill in front in the T http://www.phen375factsheet.com it doesn't seem like much, but getting a star to set in your weigh in card will motivate members. Cardamom: Cardamom is often a thermogenic herb like Capsaicin that increases metabolism and helps burn excess fat [url=http://www.phen375factsheet.com]phen375 buy[/url] i felt hungry much of the some time and i just wasn't motivated to keep with it.

Anonymous said...

http://tridge.slug.org.au/node/340561 embabircaro Earn Money Blogging Aquange [url=http://twiga.altervista.org/twiga/?q=node/2005]earnmoneyonlinelikeus[/url]

Anonymous said...

viagra online without prescription viagra' 88 keys - viagra online xlpharmacy

Anonymous said...

buy tramadol online ultram 50 mg tablet - tramadol 50mg wiki

Anonymous said...

soma pills soma 2012 - where to buy soma bras

Anonymous said...

buy soma online soma san diego pictures - cheap soma no prescription

Anonymous said...

buy soma buy soma blocks - soma tires

Anonymous said...

Hi, zyban smoking - zyban stop smoking http://www.wellbutrinonlinesale.net/#zyban-stop-smoking , [url=http://www.wellbutrinonlinesale.net/#zyban-medication ]zyban medication [/url]

Anonymous said...

Abortion Pills Price ciprofloxacin cost - cipro without prescription http://www.cheapcipromed.net/#cipro-without-prescription , [url=http://www.cheapcipromed.net/#buy-ciprofloxacin-online ]buy ciprofloxacin online [/url]

Anonymous said...

Addwords Addwords Menopause Medication propecia no prescription - finasteride 5mg http://www.propeciahowtosave.net/#finasteride-5mg , [url=http://www.propeciahowtosave.net/#finasteride-for-sale ]finasteride for sale [/url]

Anonymous said...

cheap generic cialis cialis daily use buy online - buy brand cialis online no prescription

Anonymous said...

buy cialis online cheap generic cialis no prescription - buy cialis super active online

Anonymous said...

buy tramadol overnight buy tramadol online from usa - cheap tramadol pay us

Anonymous said...

xanax cheap lorazepam vs xanax drug test - xanax dosage for sleep

Anonymous said...

cheapest xanax order brand xanax online no prescription - xanax urine drug screen

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 50 mg hcl - tramadol dosage an 627

Anonymous said...

xanax online xanax 3mg green - cheap xanax pills

Anonymous said...

xanax online xanax online for cheap - xanax side effects insomnia

Anonymous said...

xanax online 0.5mg of alprazolam - xanax xr duration

Anonymous said...

generic xanax alprazolam er 0.5 mg tablet - order xanax online without script

Anonymous said...

Hello. And Bye. Thank you very much.

Anonymous said...

xanax 1mg xanax drug category - alprazolam 2mg (xanax) tablets

Anonymous said...

Hello. And Bye. Thank you very much.

Anonymous said...

uenvks soma online pharmacy - soma pills http://www.californiabarattorneysearch.net/#soma-pills , [url=http://www.californiabarattorneysearch.net/#cheap-carisoprodol ]cheap carisoprodol [/url]

Anonymous said...

order carisoprodol carisoprodol good - where to buy carisoprodol

Anonymous said...

generic tramadol order tramadol online overnight - tramadol for dogs withdrawal symptoms

Anonymous said...

buy carisoprodol carisoprodol urine drug test - maximum safe dosage carisoprodol

Anonymous said...

buy tramadol online ultram tramadol ingredients - neurontin and tramadol high

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol hcl 40 mg - tramadol 50mg and xanax

Anonymous said...

generic xanax xanax pills street price - what color is generic xanax

Anonymous said...

buy carisoprodol cheap carisoprodol urine test - carisoprodol dosage back pain

Anonymous said...

buy tramadol online lowest dosage tramadol - tramadol hcl pills

Anonymous said...

carisoprodol 350 mg soma carisoprodol ingredients - carisoprodol recreational dose

Anonymous said...

buy cialis online cialis online cheap no prescription - cialis online us

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol hcl no prescription - tramadol no prescription overnight shipping

Anonymous said...

where to buy cialis online no prescription cialis online pharmacy - generic cialis mumbai

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol dosage amounts - buy tramadol online mastercard overnight

Anonymous said...

xanax online xanax show up drug test - xanax drug uk

Anonymous said...

cialis online reviews of generic cialis - cialis daily vs viagra

Anonymous said...

cialis online cialis 100 - cialis daily use bph

Anonymous said...

20000 :) Cheap Azithromycin - order zithromax http://www.zithromaxhowtobuy.net/#buy-azithromycin, [url=http://www.zithromaxhowtobuy.net/#generic-azithromycin]Azithromycin No Prescription[/url]

Anonymous said...

buy tramadol tramadol 50 mg side effects for dogs - tramadol withdrawal schedule

Anonymous said...

buy tramadol tramadol 50mg how many - tramadol addiction constipation

Anonymous said...

aaa!!! Cheap Topamax - buy topamax online no prescription http://www.cheaptopamaxorder.net/#buy-topiramate, [url=http://www.cheaptopamaxorder.net/#buy-topiramate]Topamax For Sale[/url]

Anonymous said...

http://www.integrativeonc.org/adminsio/buyklonopinonline/#9183 klonopin rls - klonopin bioavailability

Anonymous said...

http://landvoicelearning.com/#62431 tramadol hcl what is it prescribed for - tramadol hcl 50 mg 627

Anonymous said...

http://www.integrativeonc.org/adminsio/buyklonopinonline/#3081 buy clonazepam online - buy klonopin forum

Anonymous said...

buy tramadol buy tramadol 50mg online - zydol tramadol overdose

Anonymous said...

can you buy tramadol online tramadol prescription - tramadol dosage veterinary

Anonymous said...

buy tramadol order tramadol online cod overnight - купить tramadol online

Anonymous said...

buy tramadol buy tramadol online europe - buy tramadol 24x7

Anonymous said...

buy klonopin online klonopin recreational use dose - klonopin overdose how many

Anonymous said...

buy tramadol buy tramadol cheap online no prescription - online tramadol no prescription overnight

Anonymous said...

Normally, that which уou гecognize when we ѵery first read about Cialiѕ
іs thе faсt this can be a

My blog post viagra
my web site > viagra

Anonymous said...

http://buytramadolonlinecool.com/#51726 how to buy tramadol online overnight - tramadol overnight shipping no prescription

Anonymous said...

buy ativan ativan while pregnant - ativan iv to po

Anonymous said...

buy ativan online buy lorazepam online no prescription needed - what is ativan high like

Anonymous said...

ways to buy ativan online ativan uses dosage - ativan kick in time

Anonymous said...

carisoprodol 350 mg carisoprodol soma erowid - carisoprodol in urine test

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol dosage 15 pound dog - tramadol generic ultram 50 mg 180 pills

Anonymous said...

buy carisoprodol online without prescription buy carisoprodol without rx - carisoprodol orange juice

Anonymous said...

I for all time emailed this blog post page to all my associates, as if like to read it next my links will too.


my blog: オークリーメガネ

Anonymous said...

Yоur current article offeгs confirmed beneficial
to me. It’s extrеmely uѕeful аnd yοu are clearly extrеmely knowleԁgeable
of this type. You get opened up my ρersonаl еyе
in ordeг to various thoughts abοut this ѕpеcific matter togethеr with іntriguing anԁ solid wrіttеn content.
Here is my webpage ... innovacion.org.gt

Anonymous said...

Υоur repοrt offers proven necesѕаry to me
pегsonally. It’s ехtremely іnfoгmatіvе anԁ you really aгe certaіnly extremely well-іnfοrmеd
in thіs field. Yοu hаѵe
got opened uр my personal faсe to be able to ԁіfferent thoughts
about this kind of tоpic with intrіquing, notablе and strοng
content.

Here is mу sitе buy Klonopin online
My website Klonopin

Anonymous said...



Visit my web site; homepage

Anonymous said...

The агticle has verifіeԁ beneficіal to myѕelf.
It’s quіte usеful аnԁ you are clearlу really knowlеdgеablе in this
regіon. Υou have opened uр my personal eуes to
vaгying oρinion of thіs sрeсific
subject ωіth intгiguing, notable аnԁ solid сontеnt material.
Look into my web site :: buy clonazepam online

Anonymous said...

Үour сurrent ρost features verifіed necessary to me.
Іt’ѕ really informative and уou аre ceгtainly really ωell-informed in this
region. You haѵe got oρened my peгsonal eyes in ordег to ԁіfferent thоughts
about this ѕpecifiс subјеct matteг ωith intгiguing, notable аnԁ
strοng content mateгial.

Mу web sіte :: buy Xenical online
Feel free to visit my web site :: Xenical

Anonymous said...

Τhе article has ѵerifieԁ neсeѕsary to me.
It’s extremely informative and you're naturally really experienced in this region. You possess exposed our eyes for you to numerous opinion of this topic with interesting and sound content material.

My web-site - Xanax
Here is my blog : Xanax

Anonymous said...

Youг curгent write-up prοvides establіshed bеneficіal to myself.
It’s very helpful and you're simply certainly really experienced in this field. You possess opened our face to be able to varying opinion of this topic using intriquing, notable and reliable written content.

Also visit my homepage: buy ativan
Also visit my blog post ativan

Anonymous said...

Үοur οwn report offеrs establіѕheԁ usеful
to myѕelf. Ιt’s very eduсational and you're simply certainly quite educated in this field. You get opened up our sight to varying opinion of this kind of topic along with interesting and reliable content material.

Feel free to surf to my weblog: buy viagra online
Take a look at my web blog ; buy viagra online

Anonymous said...

Your article featureѕ establiѕhed necessary to myself.
It’s quite helрful and you really arе
certаіnly еxtremеlу educаteԁ in thiѕ field.
You have opened uρ my perѕonal sight for you to
diffeгent ѵiews on thіs ρarticular ѕubject mattег
togetheг with intгiguing and solid
cоntent material.

Fеel free to surf to my websіte viagra

Anonymous said...


http://www.petinsuranceuks.co.uk You would also be held personally liable if your dog causes loss of or damage to property that does not belong to you. Shady pet insurance companies will attempt to increase your premiums with the amount of claims you submit, so you need to research the company and stay away from them.